Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha

Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha.


Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah salah satu faktor penting untuk menjadi kunci keberhasilan untuk memulai suatu usaha. Dengan memahami aspek pemasaran maka seseorang dapat memahami kebutuhan pasar sehingga akan menjadi kunci keberhasilan dalam memulai usaha. Nah berikut dibawah ini adalah langkah-langkah yang dapat digunakan dalam memahami aspek pemasaran dalam kewirausahaan.

1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation.
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.

2. Segmentasi Pasar.
Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial. Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya.
.
3. Kriteria dan faktor penyusun segmentasi pasar.
Pada aspek pemasaran ini, sebuah perusahaan harus memiliki dan mempelajari kriteria tertentu agar perusahaan tersebut mendapatkan posisi lebih unggul dibandingkan perusahaan pesaing. Nah faktor yang menjadi dasar untuk menyusun aspek pemasaran dalam kewirausahaan ini misalnya demografi. Demografi ini bisa diartikan ciri-ciri spesifik dari segmen pasar yang berupa umur, jenis kelamin, agama, hobi, pendidikan, tempat tinggal dan lain sebagainya.

Selain demografi faktor yang lain adalah tingkat penghasilan, sosiologis dan psikologis atau psikografis. Sosiologis bisa diartikan semisal kelompok budaya, kelas-kelas sosial dan lain sebagainya. Kalau psikologis/psikografis adalah ciri-ciri khusus semisal kepribadian, sikap, manfaat yang ingin didapatkan dari sebuah produk dan lain sebagainya.

4. Faktor pendukung segmentasi pasar agar lebih efektif.
Sebuah segmen pasar yang memiliki ciri khusus adalah segmen pasar yang belum terlayani atau sudah dilayani namun belum pada tingkat yang maksimal. Setidaknya ada 3 hal yang bisa mendukung segmentasi pasar agar lebih efektif. Faktor pendukung tersebut adalah measurability, accessibility dan substantiality.

Measurability adalah informasi mengenai sifat-sifat pembeli tentang sejauh mana sifat mereka tersebut dapat diukur. Misalnya saja jika Anda ingin mengukur jumlah pembeli mobil maka Anda bisa tahu faktor apa yang mendorong mereka membeli sebuah mobil. Apa dari segi kualitas, status atau ekonomis.

Kemudian ada accessibility yaitu dimana sebuah perusahaan dapat mampu secara maksimal memusatkan usaha memasarkan suatu produk pada segmen pasar tertentu. Kemudian terakhir ada substantiality yang mana merupakan tingkat dimana sebuah segmen cukup luas dan besar untuk melakukan kegiatan pemasaran sendiri.

5. Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan.
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan berikutnya adalah analisa pasar dan peramalan permintaan. Analisa pasar merupakan bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Langkah ini dibutuhkan untuk mengatur dan merencanakan sebuah strategi yang pas dan sesuai dengan kondisi pasar.

Komentar